Skip to content

Serial Wisata Pasuruan (1); Pesona Alam Nongkojajar Kec. Tutur

Juli 10, 2011

Desa Wonosari atau yang lebih dikenal dengan nama “Nongkojajar” terletak di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Kawasan Nongkojajar ini terletak di kaki Gunung Bromo dan merupakan salah satu pintu gerbang yang dilalui ketika kita hendak menuju ke Gunung Bromo. Desa Nongkojajar memiliki berbagai macam keunikan serta potensi keindahan alam asli khas daerah pegunungan yang tak akan jenuh untuk dinikmati. Perkebunan berbagai macam buah (seperti apel, salak, durian, buah naga, strowberri, jeruk, mangga, apukat, nangka, golden melon, klengkeng pingpong dan lain-lain), aneka bunga krisan, paprika, mawar potong, bunga hias, sayur mayur, peternakan sapi perah, kelinciserta kambing dan juga hamparan kebun kopi jenis robusta merupakan sajian yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Butiran embun yang bening dan aroma udara pegunungan yang dingin benar-benar mampu merayu kita untuk singgah di Nongkojajar. Jalanan di kawasan pegunungan yang menikung membentuk huruf S setiap paginya selalu diramaikan oleh petani dan peternak susu sapi yang akan bertandang ke lahan mata pencaharian hidupnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai Nongkojajar, hanya sekitar 30 menit dari pertigaan Kebun Raya Purwodadi ke arah Gunung Bromo atau berjarak 21 km. Dan itu tidak akan terasa lama, karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi barisan pohon pinus yang tegak menantang langit, susunan terasiring yang tertata rapi di setiap sawah, dan indahnya bunga-bunga dengan aneka warna yang tidak sedikit.Tentu saja itu menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata kita untuk senantiasa memperhatikannya.

Komoditi yang dihasilkan oleh penduduk Desa Nongkojajar sendiri terbilang cukup melimpah. Itu terlihat dari banyak warga yang membudidayakan buah-buahan seperti apel, salak, durian, buah naga, stroberi, jeruk, juga aneka bunga krisan, dan susu sapi perah, serta kopi.paprika,aneka sayur mayur. Hasil alam tersebut selanjutnya dipasarkan di daerah sekitarnya dan juga dikirim ke luar daerah seperti Malang, Surabaya,Bandung,Jakarta bahkan sampai mencapai ke luar pulau Jawa, seperti di Bali dan Kalimantan.

Bukan menjadi permasalahan ketika ada pertanyaan mengenai tempat singgah bagi para pelancong yang ingin menikmati kekayaan alam Nonkojajar. Homestay atau rumah singgah yang berada dipinggir jalan menjadi jawabannya, letaknya yang berada dipinggir jalan atau mungkin agak masuk ke dalam sedikit itu juga akan memudahkan turis untuk memilih homestay mana yang akan disinggahi. Fasilitas yang diberikan oleh homestay sendiri disesuaikan dengan tarif yang dikenakan kepada petualang wisata. Jadi kocek rupiah yang dirogoh sesuai dengan fasilitas yang didapat.

Berikut pilihan pesona wisata alam yang di berada di wilayah Nongkojajar Kec. Tutur dan sekitarnya:

COBAN WARU

Salah satu keindahan alam yang dimiliki oleh Nongkojajar adalah pesona air terjun yang dikelilingi hamparan alam hijaunya.

Salah satu dari sekian air terjun yang terdapat di daerah nongkojajar adalah air terjun coban waru. Asal nama Waru berasal dari bahasa jawa ” Waru” yang memiliki arti cinta atau hati . Coban Waru sangat cocok dikunjungi jika anda ingin merasakan keasrian dan keelokan alam yang masih perawan disertai dinginnya aliran air terjun dan suara gemericik air yang menambah keindahan air terjun setinggi 75 meter ini.

Dengan curah hujan rata-rata 1.800 mm/th dengan bulan basah antara November sampai Maret dan bulan kering antara bulan April hingga Oktober yang mencapai suhu sekitar 22°C. Air terjun coban waru terletak diantara desa Wonosari dan desa Kayukebek dan dapat diakses dengan jarak tempuh memakan waktu kira-kira satu jam dari pusat desa. Jadi tidak ada salahnya jika anda menyempatkan diri untuk mengunjungi indahnya air terjun coban waru ini

RIVER TUBING

Menyusuri aliran Sungai ” Rojo Pasang” dan Sungai ” Grontol ” – Nongkojajar (dalam waktu 2 jam). Kami akan membawa anda menikmati derasnya arus sungai ” Rojo Pasang ” dengan bebatuan alami yang akan menyapa anda. Disamping itu pemandangan alam sekitar sungai yang masih alami.

Biarkan guide yang ada menghantar anda melewati sungai yang tenang bersahabat erta sungai yang menantang dan menggoda adrenalin anda. So, silahkan tentukan pilihan anda saat menghirup udara Nongkojajar…

Bukit Flora merupakan satu lagi wahana wisata pendidikan yang terletak di Desa Tutur Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan yang sekarang ramai di kunjungi oleh para wisatawan domestik yang sebagian besar berasal dari daerah-daerah yang ada di Provinsi Jawa Timurmaupun dari luar provinsi . Umumnya pengunjung yang datang berkunjung selain berasal dari kalangan umum, keluarga, instansi maupun para siswa mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai perguruan tinggi.

BUKIT FLORA

Objek wisata bukit flora biasanya ramai di kunjungi pada hari libur. Sarana dan prasarana yang tersedia meliputi : Panduan praktek cara menanam bunga, Macam-macam bunga hias, tempat bermain anak-anak, Outbound panjat tangga ala militer, Outbound Flying Fox, lomba tarik tambang, lomba ketangkasan tendang bola, ketangkasan piring terbang, lomba merayap, titian keseimbangan, titian atas, ketangkasan bermain donat, kolam renang anak, titian kesimbangan tali dan masih banyak lagi yang bisa kita nikmati bersama. Jikalau kita lelah dan ingin beristirahat dan bersantai bersama keluarga di sekitar lokasi di sediakan berbagai makanan. Lokasi Studi Wisata ” Bukit Flora ” dari Purwodadi dapat ditempuh dengan jarak tempuh hanya kurang lebih 18 kilometer atau 25 menit saja. Kalau anda berminat untuk menikmati keindahan tempat wisata Bukit Flora maka anda bisa langsung menghubungi kontak di (0343) 499580. Buruan, kapan lagi anda dapat menikmati rekreasi sambil belajar mengenal berbagai macam bunga dan bermain dengan alam.

KHRISNA APEL AGRO

Apple wisata agro ini terletak di desa Andonosari, Tutur kecamatan. Ini sekitar 40 km dari kota Pasuruan. Pengunjung dapat bersantai dan pergi di sekitar kebun Apel.

Jika pengunjung ingin memilih beberapa Apel oleh dirinya sendiri dan makan Apel sebanyak yang mereka inginkan, para pengunjung harus membayar biaya pendaftaran pada awalnya. Wisata agro meliputi wilayah sekitar 1100 hektar dan apel yang ditanam terdiri dari Manalagi, Rhomebeauty, Anna dan Wanle.

Para pengunjung bisa membawa keluarga mereka untuk mengunjungi lokasi wisata, karena obyek wisata ini sangat cocok untuk setiap usia. Nikmati pohon Apple dengan buah-buahan dan menikmati Apel segar dalam pariwisata Pasuruan. Apel wisata agro selalu ramai oleh pengunjung, terutama di hari libur. Obyek wisata ini juga dikenal sebagai Khrisna Agro Wisata. Kunjungi di sini dan menikmati liburan Anda dengan memetik Apel.

BAKTI ALAM

Bakti Alam Farm bertempat di Desa Ngembal Kecamatan Tutur adalah merupakan salah satu tempat wisata yang berbasis pada wisata buah dengan menempati lahan seluas 50 Ha dan terdiri dari 40 jenis buah dan masing-masing buah terdiri dari kurang lebih 15 buah antara lain: Buah Durian ( Montong, Bajul, Kancil, lokal ), Klenkeng pingpong, Mangga, Buah naga, golden melon, Semangka,jeruk dan lain-lain, dan juga di lengkapi dengan peternakan sapi perah sekaligus pengepakannya, ada juga guest House / cottage serta area bermain anak-anak serta camping ground menjadi Bakti Alam Farm sebagai pusat wisata buah juga sebagai pusat pembelajaran bagi para pengunjung untuk bisa belajar mengenali jenis-jenis buah yang ada karena tidak saja tersedia buah lokal buah dari luar negeri juga ada semiasal apukat dari Negara Israel.Lokasi dari Nongkojajar hanya berjarak sekitar 13 Km dan dapat di tempuh dalam 15 menit saja, atau kalo dari arah Purwosari bisa belok menuju Desa Puntir terus ke Desa Ngembal akan menjadi lebih dekat lagi apalagi di tunjang dengan jalan yang cukup bagus menjadikan perjalanan kita semua terasa nyaman.Kapan lagi buruan datang.

***

Sebagai bahan refrensi sebelum anda mencoba dan menikmati Pesona Wisata Alam Nongkojajar, ada baiknya anda pelajari dan persiapkan semacam pengantar pengetahuan tentang beberap lokasi yang ditawarkan di wilayah tersebut. Untuk itu disini penulis menyertakan beberapa website pusat informasi untuk wisata di Nongkojajar tersebut. Dan selamat berwisata, selamat membeli pengalam baru!!

- Nongkojajar Tourism Information Center

- Bhakti Alam Online

- Pusat Informasi Wisata Pasuruan

Jika anda punya informasi wisata lain di wilayah Nongkojajar Kecamatan Tutur silahkan memberikan masukan/saran/komentar di tulisan ini. Terimakasih dan semoga makin jaya wisata Pasuruan.

About these ads
76 Komentar leave one →
  1. Juli 10, 2011 2:53 pm

    poto seng nomor 2 dek endi iku???

    • Juli 11, 2011 5:21 am

      kalo RIVER TUBING itu di TUTUR (pertigaan ngidul dikit) 500 m lah. Erik salah satu penggagasnya gan ;-)

      *info lebih detail lihat http://www.nongkojajar.com/ atau call Erik Londho Abioso itu

      • dwie permalink
        Maret 13, 2012 8:11 am

        Mohon info untuk tempat wisata sepanjang menuju bromo, trus fasilitas apa aja yang ada di bhakti alam, tlong share apa ada tempat untuk out bound, thx.

      • Maret 16, 2012 2:01 pm

        Ada beberapa kecamatan di sepanjang lintasan Bromo. Tutur, Purwodadi, Purwosari (jika ingin informasi destinasi wisata di masihg2 kecamatan tersebut, anda bisa “searching” di blog ini) ;-)

        Info lebih lanjut dan detail dengan Bhakti Alam, coba anda kunjungi http://www.bhaktialam.com/ (out bound, ada)

      • Juni 7, 2014 2:23 am

        mz smua lokasi itu dr pasar nongkojajar k arah mana kanan kan k arah bromo,lau k kiri kan k arah tuturnya lha smua lokasi itu pastinya k arah mn kecuali bhakti alam cz q dah sering k sana.trimz

  2. September 25, 2011 1:07 am

    aku baru pindah disini 3 bulan, dari jakarta..
    Bener, tiap hari adalah surga..

    Ada lowongan kerja nggak ya sekitar sini? Hehe

    • September 26, 2011 2:42 pm

      emang sekarang menetap dimana, yuk? :)
      *kalo pasuruan terkenal industrinya, jadi peluang terbesar lowongannya di Pabrik

      #terimkasih telah singgah :D

      • diah permalink
        Maret 7, 2012 5:07 am

        Bagaimana cara untuk pesan cottage?minta info kontaknya? Matur nwn

  3. dede permalink
    November 19, 2011 7:10 am

    tarifff masuk ke macam2 wisata di nongkojajar dari kisaran berapa???? mohonnn bantuannya….

    • November 29, 2011 10:10 pm

      kalo air terjun gratis :-)
      untuk bukit flora mulai dari Rp 10.000. sedangkan river tubing kisaran Rp 75.000 (dilengkapi berbagai fasilitas yang menarik). sedangkan bakti alam (masih saya carikan info yang lebih akurat yaaa) :-D
      *terimakasih telah singgah kawan….

      • ALIYANAH permalink
        Mei 10, 2013 10:08 am

        maz kalau anak tk diajak ke air terjun bahaya apa ndak….???

        setelah itu ke bukit flora sekalian makan ibu dan anak berapa…..

        dari bu ANA TK BUDI LAKSANA JAYA KECAMATAN SEMAMPIR SBY

      • Mei 23, 2013 4:18 am

        wah, kalo untuk anak TK lebih amannya ndak usah ke air terjun, bu. kalo untuk reservasi di Bukit Flora silahkan call 081703428889 | 081330740740 :-)

        *maaf baru reply…

  4. nadya permalink
    November 30, 2011 12:06 pm

    tarif masuk ke bhakti alam berapa yah???? trus rute ke bhakti alam yang mudah lewat mana? makasih atas bantuannya

  5. hartono permalink
    Desember 13, 2011 3:07 pm

    harga cottage dibakti alam brp?kl mau pesen telfone brp?tentang es teler ama siomaynya pak doyok alamate mana yaaaaa???rumah makane namae apa/aku wis ngiler es telernya nieeee……suwun bossssss

  6. hartono permalink
    Desember 13, 2011 3:09 pm

    ditunggu informasinya secepetnya ya….mau liburan kesana nieeee

  7. totok hermawan permalink
    Desember 20, 2011 1:02 pm

    untuk info d bhakti alam mulai harga tiketnya itu 25ribu untuk dewasa dan 20ribu untuk anak-anak…
    terus harga cotteganya itu mulai dari 300ribu sampai 800ribu.. dan di dalam bhakti alam itu juga ada outbond juga wahana ATV,berkuda,boogie car,bumber boat,juga da paralel outbond…

    • Desember 24, 2011 10:18 am

      hehehe…
      terimakasih juragan “totok hermawan” inpoh-nya ;-)
      *salam wisata

      • totok hermawan permalink
        Desember 30, 2011 9:58 am

        oke sama” aku tunggu ke bhakti alam

    • henny astiningsih permalink
      Desember 30, 2011 3:09 am

      mas totok, klu msk nya kan 25rb itu da include wahana lain

      • totok hermawan permalink
        Desember 30, 2011 10:02 am

        untuk tikrt 25rb itu hanya untuk keliling kebun… tester susu trus sama tester buah itu ja… dan utuk wahana itu lain lg biayanya hehehe

  8. Arek Pasuruan permalink
    Desember 21, 2011 6:28 am

    mau tanya, air terjun rambut moyo tuh sekarang nasibnya gmna ya
    ?..padahal dilihat dari segi relief alamnya,mnurutku gak kalah indahnya dgn cobang waru..nah masalahnya pemkab Pasuruan masih perlu meningkatkan pengurusan nasib air terjun rambut Moyo,..tuh letaknya dekat rumahku juga,..kalau aku lihat tuh,..kayaknya objek wisata tsb terlantarkan sekarang,..tapi dengar2 sih mau dibangun pakai dana dari PNPM Mandiri ,…

    • Desember 24, 2011 10:16 am

      dari sekian potensi wisata pasuruan, masih banyak memang yang belum digarap semaksimal mungkin oleh pemkab. semoga masyarakat kita punya semangat yang “tinggi” untuk “ngeramutnya” ;-)
      *terimakasih telah singgah, kawan

  9. giarto permalink
    Desember 28, 2011 2:42 pm

    mau tanya ? di dusun dan desa manakah wisata coban waru itu ? trims

    • Januari 4, 2012 6:34 am

      Terletak di antara dua desa yaitu Wonosari dan Kayukebek tepatnya di Desa Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur.
      *Terimakasih kang telah singgah ;-)

  10. henny astiningsih permalink
    Desember 30, 2011 3:10 am

    mas totok , kalo masuk kan 25rb itu udah include wahana lainnya apa bayar lagi ?

    • totok hermawan permalink
      Desember 30, 2011 10:06 am

      utk tiket 25rb itu hanya utk kliling kebun n tester susu dan buah melon saja…
      utk wahana atv sama boogie car tarifnya 25rb mbak…

      • Muby Ahmad permalink
        Desember 30, 2011 10:38 am

        Mas, Bhakti Alam buka mulai jam berapa yha ?

  11. ryus permalink
    Desember 31, 2011 5:35 am

    gan,klo penginapan 2 kmr atau 3 kmr yg standar di bakti alam kisaran harga brp?

    • totok hermawan permalink
      Januari 16, 2012 10:07 am

      klo yg dua kamar da yg mulae 500rb smpe 900rban….
      tgl pintar” nego j

  12. agil permalink
    Januari 16, 2012 11:26 am

    mas,25 ribu itu maem duren sak karepe a?..

    • Januari 17, 2012 2:04 pm

      kata kang Totok “tiket 25rb itu hanya untuk keliling kebun, tester susu trus sama tester buah itu (tentunya nggak sak karepe) :) dan utuk wahana laen, itu ada biayanya lagi”
      *terimakasih telah singgah om ;-)

  13. fitri permalink
    Januari 21, 2012 6:22 am

    mas totok klo mau ke wisata bhakti alam klo dari surabaya lewat rute mana yg cepet

  14. winda permalink
    Januari 21, 2012 3:32 pm

    cottage yang dua kamar berapa harganya? kalo booking sekarang, untuk hari minggu sampai senin siang, apa msih ada?

  15. dwi sipurbowasis permalink
    Januari 21, 2012 4:03 pm

    untuk pesan cottage no tlp nya berapa?
    Balasnya cepet yaaaaaa krn bsuk pagi mau k sana. thx…….

  16. Februari 26, 2012 3:47 pm

    trus yg makan duren sak karepe, tiket e brp ya mas? heehheeee

    • Juli 23, 2012 3:42 am

      tiket masuk sampai terakhir saya melihat hanya 25ribu rupiah,kita mendapatkan fasilitas keliling lokasi kurang lebih 45 menit naik traktor yang sudah disediakan, makan golden melon, sama juice golden melon, makan siang, dan susu kemasan (yang semuanya sudah disediakan disana). Kalau mau makan durian, ya beli lagi Om ;-)

  17. 28122008 permalink
    Maret 1, 2012 3:39 pm

    mas,,,,
    q kan blum pernah ksna….
    kira2 itu jalanya lewat perkampungan apa lewat hutan2……
    kira2 tiket masuk untuk jalan/keliling wisata/makan melon kan 25rb…trus lok durennya gimana????

    • Maret 2, 2012 5:25 pm

      baik dari arah Purwodadi maupun Purwosari. jalan yang dilintasi adalah perkampungan yang “nanjak”. sesekali diselingi ladang/kebun/tegal Om…

      untuk duren sama, kisaran dari harga 25ribu/buah…
      *terimakasih telah singgah ;-)

  18. Maret 12, 2012 9:59 pm

    Aq cwek nongkojajar sliro pkoknya nongkojajar tu is the best deh eh mau tambah temen nie call aq yo 085731947299

  19. uwik permalink
    Maret 25, 2012 5:45 am

    nongkojajar tanah kelahiran . . .

  20. April 24, 2012 5:56 am

    menakjubkan

  21. April 24, 2012 5:58 am

    rumah e nenekku chayank rek

    nongkojajar tercinta

  22. M.nurudin permalink
    Mei 13, 2012 1:27 am

    mau tanyak nich,,,,,
    klo hrga masuk kebun durian berapa,,,,,
    dan harga duriannya berapa,,,,apakah harga smua durian besar to kecil sama,,,
    aq nag sidoarjo,,,,jalur yang cepet ke kbn durian lewat mana ya,,,,,
    makasi,

    • Mei 13, 2012 1:58 am

      tikes masuk 25ribu Om…
      dapat fasilitas susu segar 1 gelas plus durian satu biji. untuk beli 1 buah harga mulai dari 15rb, tergantung jenis dan besarnya

      Jalur cepat bisa anda lalui dari arah Purwosari-Ngembal

  23. M.nurudin permalink
    Mei 15, 2012 7:21 pm

    denger – denger duriannya tdk ter gantung musim ya,,,,
    apakah sekarang masih ada buah duriannya,,,dan apakah ada yang matang meskipun tidak musim durian,,,,
    saya berminat sekali untuk pergi kesana,,,,,

  24. Mei 16, 2012 10:00 am

    Kang, Rute perjalanan ke arah kebun durian lebih detail gmn

    • Mei 17, 2012 12:53 pm

      Pertigaan Purwosari, sampeyan ambil arah yang menuju Pasuruan. sekitar 1 km ada pertigaan belok kanan menuju arah Ngembal/Nongkojajar. ikuti saja jalan menuju Nongkojajar itu. nanti ada lokasi bernama Bhakti Alam Om

  25. febe permalink
    Juni 22, 2012 9:19 am

    mas masuknya 25 rb ya??

  26. febe permalink
    Juni 22, 2012 9:24 am

    lsng dtg gak perlu reservasi dulu kan

    • Juli 20, 2012 1:00 pm

      yapz. monggo langsung ke TKP OM ;-)

      • nasya e rava permalink
        September 6, 2012 8:22 am

        harga tiketnya pada hari biasa sama hari liburan sama t?

  27. Ice permalink
    September 19, 2012 4:08 am

    ada lowongan gak ya?
    saya ingin kerja deket rumah
    rumah saya daerah purwodadi so ke nongkajajar gak jauh

  28. dinda permalink
    Januari 19, 2013 2:54 pm

    mau tanya nie kalo dari arah surabaya rutenya gmn ya,,mau kesana masih bingung!!trimakasih

  29. Januari 23, 2013 6:00 am

    ternyata keindahan banyak disekitar kita…

  30. bernard permalink
    Februari 5, 2013 4:30 am

    no tlpon yg bsa dihub untuk wisata ini brapa?

  31. dindha permalink
    Februari 28, 2013 6:37 am

    maz, kalo rombongan siswa sekolah TK / SD cocoknya dibawa kemana ya,,?? Bukit Flora / Bakti Alam ya,,??

  32. April 8, 2013 9:14 am

    sepertinya asik berkunjung ke nongkojajar,
    saya mau tanya, kalo saya mau ke bhakti alam, trus ke kebun apel or kebun buah, apa tiketnya cuma sekali bayar? apa tiap tempat harus bayar tiket masuk?
    please comment gan..
    terimakasih.. :)

    • April 19, 2013 11:52 am

      kalo kebun yang jadi datu di Bhakti Alam ya cukup bayar tiket masuk 25rb. Tapi kalo kebun apel di krisna ya bayar lagi, lah itu beda tempat yuk :D

  33. bagong permalink
    April 11, 2013 12:57 am

    kalau untuk rombongan ziarah mau melepas kelelahan enaknya dmn ya

  34. putri kurnia permalink
    Mei 2, 2013 1:15 am

    harga 75.000 untuk river tubing itu udah termasuk alat, pemandu dll kah ?

  35. lidia permalink
    Agustus 15, 2013 11:22 am

    Kalo mau rombongan 40 org penginapan plus mknnya.,. kira2 perhari abis berapa yaa?

  36. November 17, 2013 2:08 am

    Mau hrga penginapan bakti alam brp permlm?

  37. Desember 22, 2013 12:49 am

    Untuk 1mlm biaya 1/2kmr brp yh.?. Trmksh..

  38. Desember 23, 2013 4:58 am

    Skg musim buah ap yah d kebunnya,, mkasih tlg d bls.

  39. Februari 5, 2014 3:16 am

    saya orang pasuruan tapi belum pernah kesana…..cocok untuk liburan keluarga kayaknya….medannya berat nggak sih……kita sukeluarga penggemar duren……….

  40. Maret 21, 2014 9:15 am

    kira2 brpa y hrga tiket msuk ke wisata agro petik apel di pasuruan

  41. Maret 21, 2014 9:26 am

    bagi yang tau karcis masuk wisata agro petik apel dikecamatan tutur,,tolong sceepatnya blas psan dri sya,soalnya tgl 30 maret sya n semua siswa SD mau kecansa

  42. Cahyo permalink
    April 29, 2014 2:51 pm

    kalo bulan mei lagi musim buah apa gan…?

  43. Juli 1, 2014 9:58 am

    a good post, agood article..
    i like it :D
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari sumatera barat, silahkan kunjungi kami di minangkabau tours
    Terima kasih..

  44. lukman permalink
    Juli 29, 2014 9:48 am

    mas, rawan apa gak jalan kesananya?

  45. arie safitri permalink
    Agustus 6, 2014 2:51 am

    kalo untuk paket semua dari bukit flora, wisata bhakti alam, sampai rivver tubing semuanya lengkap pkokny kira2 brapa ya mas?
    thx infony.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: