Skip to content

Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan

Juli 3, 2011

Jalan-jalan tidak perlu menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan pengalaman baru. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghemat biaya jalan-jalan Anda:

Cara Praktis Untuk Menghemat Biaya Jalan-Jalan

PERSIAPAN DARI RUMAH
(1) Riset, riset, riset sebelum bepergian – Jangan sepelekan riset sebelum Anda bergerak untuk membeli tiket pesawat. Contohnya: Seorang teman telah berencana untuk berlibur ke Bali pada suatu akhir pekan, sesampainya di sana ternyata semua objek wisata tutup dan hanya bandara yang beroperasi. Tahukah Anda mengapa? Karena teman saya datang pada waktu Hari Raya Nyepi. Saat di mana selama 24 jam semua warga Bali dilarang untuk beraktivitas, bahkan untuk menyalakan lampu. Akhirnya liburan teman saya pun hanya dihabiskan di bandara saja. Meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang destinasi wisata akan menghemat banyak waktu dan uang Anda.

(2) Tentukan budget jalan-jalan Anda – Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget jalan-jalan Anda. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, Anda akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

(3) Pantau harga dollar – Biasanya saya menggunakan www.xe.com untuk melihat kurs terbaru. Apabila kebetulan dollar sedang jatuh, ada baiknya Anda segera membeli dollar. Untuk penukaran dalam jumlah besar, satu sen pun amat berarti.

(4) Pantau promosi tiket pesawat murah – Sekarang ada banyak sekali penerbangan yang memberikan promo besar-besaran, bahkan hingga 0 rupiah. Tentunya 0 rupiah ini adalah taktik marketing, sehingga Anda perlu mencermati syarat-syaratnya agar tidak kecewa di kemudian hari. Apabila Anda telah sepakat dengan segala konsekuensinya, promo ini mungkin cocok untuk Anda. FYI, teman saya pernah mendapatkan tiket pesawat senilai total Rp30.000,- (termasuk pajak) untuk sekali jalan ke Singapura.

TRANSPORTASI
(5) Jadilah fleksibel terhadap waktu keberangkatan dan destinasi wisata – Untuk tiket transportasi biasanya lebih murah apabila kita berangkat/pulang di hari kerja daripada saat akhir pekan. Contoh: Berangkat pada hari Selasa biasanya lebih murah daripada berangkat di hari Sabtu.

(6) Pesan tiket di jauh-jauh hari DAN bandingkan harga tiket antara satu maskapai penerbangan dengan yang lainnya – Seringkali maskapai penerbangan memberikan diskon apabila kita booking tiket di jauh-jauh hari, lakukanlah ini dan kemudian cek harga antara penerbangan yang satu dengan lainnya.

(7) Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata – Hindari taksi sebisa mungkin, gunakan moda transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.

(8) Gunakan kaki sebagai alat transportasi jika masih memungkinkan – Datangi objek-objek wisata yang dekat dengan penginapan Anda dengan berjalan kaki, oleh karena itu pesanlah penginapan yang strategis dan dekat dengan objek wisata yang ingin Anda datangi.

(9) Gunakan kereta atau bus untuk perjalanan jauh – Apabila Anda memiliki banyak waktu Anda dapat memilih opsi ini. Daripada menggunakan pesawat, lebih baik Anda menggunakan kereta atau bus yang biasanya lebih murah dari tiket pesawat. Dengan menggunakan kereta/bus, Anda sekaligus dapat menikmati pemandangan di luar sana.

(10) Gunakan transportasi malam – Anda dapat tidur di dalam kereta/bus malam, untuk menghemat biaya menginap. Efektif apabila diterapkan untuk perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam.

(11) Bertanyalah kepada staf hostel/guesthouse – Tanyalah kepada mereka mengenai biaya standar transportasi dalam kota, dengan begitu Anda akan menghindari penipuan yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaraan umum terhadap turis.

(12) Hindari bagasi dan biaya porter dengan travel light – Hindari membayar lebih untuk ekstra bagasi dengan membawa barang seperlunya saja, sehingga muat untuk dibawa ke dalam kabin. Anda pun terbebas dari antrian untuk check-in bagasi dan tidak perlu repot-repot menggunakan bantuan porter.

(13) Gunakan kartu berlangganan – Kartu berlangganan (contoh: EZlink untuk MRT di Singapore) amat berguna apabila Anda akan sering menggunakan transportasi publik. Hal ini pun akan mengatasi kerepotan karena perlunya menukarkan uang kecil untuk transportasi.

AKOMODASI
(14) Cari penginapan murah yang layak, kemudian bandingkan harga booking online DAN booking langsung dari website aslinya – Gunakan hostelworld.com dan website sejenis untuk mencari penginapan murah. Sebelumnya jangan lupa untuk memeriksa website penginapan yang telah kita pilih, karena terkadang lebih murah apabila kita booking langsung dari website aslinya. Ada pula beberapa situs yang menawarkan potongan harga sampai setengahnya jika Anda memesan lewat situs tersebut, termasuk untuk hotel di Bali. Kemudian lebih bagus lagi jika Anda mendapatkan penginapan yang menyediakan sarapan gratis untuk menghemat biaya makan. Anda dapat melihat beberapa review akomodasi di website ini.

(15) Cari penginapan yang strategis – Penginapan yang dekat dengan berbagai objek wisata akan tentunya menghemat biaya transportasi.

(16) Coba Couchsurfing – Apabila Anda tertarik untuk melebur dengan warga lokal dan mencoba mengikuti gaya hidup mereka, Anda dapat mencoba Couchsurfing.

(17) Bermalam di bandara – Opsi ini dapat dilakukan apabila Anda memiliki waktu transit yang lama ke penerbangan lanjutan. Lihat website Sleeping in Airports untuk tips-tips bermalam di bandara beserta informasi detailnya.

MAKANAN
(18) Belanja makanan dan minuman di toko kelontong lokal – Belilah cemilan, bahan masakan, maupun buah-buahan dari warung maupun toko kecil, daripada membelinya di toko yang lebih besar ataupun 7-11. Belilah air mineral dalam botol besar daripada membeli banyak dalam botol kecil.

(19) Bawalah makanan & botol air minum Anda sendiri – Saya dan teman-teman biasanya membawa snack, makanan (abon, selai, sambal sachet, dan sebagainya) dari rumah, ternyata hal ini amat menghemat biaya jalan-jalan kami.

(20) Makanlah di restoran lokal atau kaki lima – Terkadang tempat makan unik dan favorit hanya diketahui oleh penduduk lokal. Tanyalah kepada warga lokal yang Anda temui di jalan.

(21) Hindari minibar – Apabila Anda menginap di hotel yang memiliki minibar, pastikan Anda tidak mengambil apapun dari dalam kulkas, pajak hotel biasanya amat besar. Lebih baik Anda beli langsung dari supermarket lokal.

TUJUAN WISATA
(22) Rencanakan rute secara efektif dan efisien – Menggunakan Google Earth untuk merencanakan rute perjalanan akan menghemat waktu dan uang Anda.

(23) Jadilah tour-guide Anda sendiri – Buat buku panduan wisata Anda sendiri dengan mengandalkan internet.

(24) Ambil peta gratis di tourist information center – Banyak disediakan peta gratis di bandara internasional maupun hotel, informasinya pun tidak kalah lengkap dengan peta yang dijual di toko. Sebagai gantinya, biasanya peta gratis ini berisi banyak iklan.

(25) Cari info objek wisata gratis – Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Googling dan mencari info mengenai hal ini akan menghemat uang Anda cukup besar.

(26) Prioritaskan objek wisata yang ingin didatangi – Seringkali objek wisata terkenal menetapkan tarif masuk yang tinggi. Tidak ada salahnya apabila Anda amat ingin mendatangi objek wisata tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah mengimbanginya sesuai dengan budget jalan-jalan Anda.

(27) Hindari tourist spot sebisa mungkin – Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran Anda semaksimal mungkin dengan membawa sendiri bekal dari rumah dan tahan keinginan Anda untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan Anda membelinya di tempat lain.

(28) Hindari paket wisata jika memungkinkan – Paket tur terkadang hanya melelahkan dibanding menyenangkan, karena jatah waktu untuk menjelajahi sebuah objek wisata seringkali dibatasi, sehingga terkadang kita merasa kurang puas. Untuk itu, sewalah kendaraan lokal untuk menjelajahi lingkungan tempat Anda berada, contohnya seperti sepeda, sepeda motor, tuk-tuk, atau angkot.

BELANJA
(29) Definisikan ulang konsep Anda tentang “oleh-oleh” – Oleh-oleh tidak perlu mahal, yang penting berkesan. Beberapa oleh-oleh yang murah namun tetap unik adalah kartu pos, bros, gantungan kunci, T-Shirt, scarf, coklat, cemilan tradisional. Carilah oleh-oleh yang mencerminkan lokalitas daerah setempat. Jadilah kreatif.

(30) Belilah oleh-oleh di pasar tradisional DAN tawar harga semurah mungkin – Menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian menawar terbaik Anda dan Anda tidak akan menyesal. Tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai Anda menawar keterlaluan karena akan menyinggung si penjual.

KOMUNIKASI
(31) Cari lokasi yang menyediakan internet gratis atau WiFi – Pilihlah penginapan yang menyediakan layanan internet gratis, atau apabila tidak ada, biasanya fasilitas internet gratis tersedia pula di kafe atau kedai kopi (seharga satu cangkir kopi). Carilah penawaran terbaik sebelum Anda login internet.

(32) Gunakan Skype – Untuk telepon keluar kota maupun negeri, gunakanlah Skype untuk menghemat biaya komunikasi.

(33) Belilah SIM Card dengan nomer lokal – Apabila Anda akan sering menggunakan telepon selular, membeli SIM Card dengan nomer lokal merupakan keputusan bijak. Dengan demikian Anda akan menghemat biaya untuk penggunaan telepon domestik.

CARA HEMAT LAINNYA
(34) Hindari menukar uang di bandara dan spot wisata terkenal – Biasanya money changer di dalam bandara akan memberikan kurs terendah, maka lebih baik Anda mencari bank atau money changer di dalam kota untuk menukar mata uang.

(35) Cucilah baju Anda sendiri – Bawalah deterjen dari rumah dan cuci baju Anda sendiri, daripada menggunakan laundry service selama di perjalanan.

(36) Gunakan kartu identitas mahasiswa/i dan tanyakan potongan harga untuk manula – Apabila Anda masih pelajar, Anda beruntung, banyak tempat yang menawarkan potongan harga untuk pelajar. Apabila Anda traveling dengan manula, Anda pun mungkin akan mendapatkan senior discount juga. Pastikan Anda menanyakan mengenai hal ini.

+1 TIPS TAMBAHAN…
Ada satu tips tambahan yang saya kutip dari NPR: “Nine Tips To Travel Cheap (But Not Stupid)”:

(37) Don’t Be Too Cheap – Jangan kelewat murahan ataupun keterlaluan dalam berhemat, karena nantinya Anda sendiri yang akan menyesal. Jangan lupakan bahwa konsep backpacking adalah “membeli pengalaman”.

“You can go through a lifetime of regret for being too cheap,” Weissmann says.

He knows from experience. He says he was backpacking in Egypt when he found himself in Luxor, near the Valley of the Kings. The admission price was $20, which was his entire budget for the day.

“There were budget travelers saying, ‘$20? What a ripoff,'” he remembers.

But Weissmann says he paid the fee. “I was cheap, but I wasn’t stupid,” he says.

Prepare Budget Carefully.
sumber: inmagine

Last but not least:
Nikmatilah perjalanan Anda.šŸ™‚

 

Sumber: backpaker-notes

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: