Skip to content

Google+ (plus) Pembunuh Facebook

Juli 3, 2011

Setelah sangat lama dirumorkan social media versi Google diluncurkan juga dengan nama Google+ (Plus). Layanan ini merupakan jawaban Google bagi pengguna internet yang tengah demam social media dengan kehadiran Facebook dan Twitter. gigaom.com melaporkan bahwa Google+ diluncurkan paling tidak untuk sedikit menyaingi kesuksesan Facebook di social media, namun pada dasarnya layanan baru Google ini akan tetap terintegrasi dengan core business mereka, yaitu mesin pencari dan iklan di internet yang membuat lawan-lawannya menduga Google melakukan kebijakan antitrust dan melaporkannya ke FTC (Federal Trade Commission).

Google mensiasati perubahan atau kecenderungan dalam aktivitas pencarian di internet yang  tidak lagi hanya mencari halaman atau situs tertentu, tetapi mencari orang dan informasi yang terkait dengan orang tersebut dengan meluncurkan layanan social search beberapa waktu yang lalu. Prinsipnya menurut Google, jika tidak mengetahui siapa di internet, kita tidak bisa mengorganisasikan informasi buat mereka sehingga pengetahuan tentang orang menjadi sangat penting. Oleh karenanya penting bagi Google untuk mengetahui siapa di internet untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik. Google harus mencari hubungan penting antara orang dengan informasi yang terkait dengan orang tersebut agar hasil pencarian menjadi semakin baik. Inilah kunci penting perlunya Google+.

Namun bagaimana menggunakan Google+ yang tentu saja baru dan masih dalam proyek percontohan? Google memang telah mengumumkan layanan ini secara resmi, namun mereka harus menguji dahulu layanan ini dengan beberapa orang yang tertarik dan mendaftar untuk ikut proyek ini. Dalam waktu yang tidak terlalu lama proyek ini akan bisa digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Untuk berpartisipasi dalam proyek ini anda perlu mengunjungi link https://plus.google.com.

Apa saja layanan yang akan diberikan oleh Google dalam produk baru ini? Coba kita uraikan satu per satu berikut ini.

Apa itu Google+ (Plus)?

Apakah Google+ seperti Facebook? Apakah ini social network? Tidak mudah untuk menjawabnya. Namun, Vic Gundotra, Senior Vice President for Social Google mengatakan bahwa Google+ adalah langkah pertama Google dalam social yang akan terus berkembang. Bila anda telah memasong Google Tool Bar layanan ini dapat dilihat  di tool bar tersebut. Jadi untuk meringkas ada baiknya anda memasang Google tool bar sehingga bisa megupload foto, video, dan link dengan smudah. Nantinya akan ada ikon pemberitahuan jika ada teman anda berbagi foto atau video dengan anda. Google juga mengisyaratkan kebijakan privasi yang lebih sederhana dan mudah dimengerti, tidak seperti Facebook yang berbelit-belit dan membingungkan.

Sebelumnya, Google juga telah melempar produk baru seperti Google Wave dan Google Buzz yang ternyata tak laku di pasaran. Namun, dengan produk anyarnya ini, Google tak mau gagal lagi.

Manajemen menawarkan sedikitnya empat fitur yang menjadi andalan :

1. Circles

Circles atau lingkaran menunjukkan lingkaran pertemanan pengguna yang bisa saja keluarga, teman, teman kerja, mantan teman kerja, dan banyak lagi. Dengan Circles pengguna bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat update yang dilakukan hal yang berbeda dengan Facebook yang tidak memberikan kemampuan untuk mengontrol siapa yang melihat apa yang terjadi dalam hidup kita ketika kita berbagi secara online.

2. Hangout

hangout sepertinya layanan video chatting untu grup yang terdiri dari beberapa orang. Untuk memulainya pengguna mengklik tab Hangout dan mengundang anggota untuk video chatting dari suatu grup tertentu dengan mengirimkan pemberitahuan.  Menurut gigaom.com yang telah mencoba fitur ini, fitur Hangout mudah digunakan karena Google menggunakan pengkodean video milik sendiri bukan adobe flash.

3. Huddle

Huddle adalah layanan  mobile chat untuk grup yang sangat mirip Beluga, yang telah dibeli Facebook setelah diluncurkan dan sekarang disebut sebagai bagian dari  komunikasi utama baru oleh Facebook. Menurut gigaom yang telah mencobanya Huddle adalah fitur  kecil yang hebat dan   jika Google pintar mereka akan memasukkan fitur ini ke semua Google Apps untuk pelanggan Enterprise.

4. Instant Uploads

Fitur untuk mengupload secara instant bahkan dengan foto dan video  mobile. Jika anda memiliki smartphone ambil gambar dan video dan upload langsung ke akun Picasa atau YouTube selanjutnya foto dan video tersebut bisa dibagi via Google+ kepada Circles yang diinginkan.

5. Sparks

Sparks adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat topik yang menurutnya menarik misalnya tentang kompasiana, topik ini nantinya digunakan sebagai sumber informasi dan dapat dibagi kepada grup-grup yang berbeda.  Berkat keahlian  Google, Sparks memberikan feed konten yang sangat  melimpah dari seluruh internet. Topik apapun yang anda inginkan, dari lebih 40 bahasa. Cukup menambahkan minat Anda, dan Anda akan selalu memiliki sesuatu untuk ditonton, dibaca dan berbagi-hanya dengan Circles yang tepat.

***

Pertanyaannya “Dapatkah Google+ mengalahkan Facebook?”.
Pertanyaan tersebut sebenarnya mungkin tak terlalu tepat. Ini bukan tentang satu situs melawan situs lainnya. Google+ lebih besar daripada itu.

Alasan mengapa Google menyebutnya “Proyek Google+” ialah bahwa Google+ akan menjadi bagian sentral dari keseluruhan identitas Google.
Itu akan membentuk kembali perusahaan tersebut.

Jadi pertanyaan yang lebih tepat adalah “dapatkah Google mengalahkan Facebook?” Jika ditempatkan seperti itu, kontes tersebut tampaknya jauh lebih seimbang.

Tentu saja Facebook memiliki awal yang besar, tapi ada beberapa alasan baik bagi orang untuk secara serius meninggalkan Facebook untuk Google+.

Setidaknya ada 9 alasan seperti dikutip Kompasianer, Oscar, dari PCWorld.

1. Integrasi dengan layanan Google

Porsi terbesar yang dimiliki Google untuk menarik orang menggunakan Google+ ialah integrasi. Artinya Google akan membangun fitur dan peralatan Google+ ke hampir semua layanan online-nya mulai dari pencarian dokumen hingga Video. Google+ sudah diintegrasikan ke hampir keseluruhan produk Google.

Ini memperkenankan Anda memonitor semua peristiwa Google+ (pesan, update, dan lain-lain) sewaktu membagi konten dengan teman tanpa meninggalkan layanan Google yang sedang Anda gunakan.

Jutaan orang menggunakan layanan gratis Google (Gmail, Dokumen, Pencarian, dll.), dan dengan keterikatan layanan tersebut dengan Google+ mungkin akan mudah bagi seseorang meninggalkan Facebook.

2. Manajemen pertemanan yang lebih baik

Google benar bahwa konsep “lingkaran” atau Circle lebih sesuai dengan cara kita berteman di kehidupan nyata. Kita memiliki banyak jenis teman, dan kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan mereka dalam berbagai cara yang berbeda. Fitur Grup Facebook memperkenankan anda membentuk grup khusus teman, tapi dibandingkan dengan yang dilakukan di Google+, itu nampaknya tidak praktis. Lagi pula, Fitur Grup Facebook masih baru (tambahan), sedangkan Circle merupakan landasan dari platform Google+.

3. Aplikasi mobile yang lebih baik

Jika Anda adalah pengguna Android, anda bisa tahu bahwa memperoleh konten dari telepon Anda ke platform sosial lebih gampang, lebih bersih, lebih banyak fungsi dengan aplikasi mobile Google+. Aplikasi tersebut memang sudah mantap, tapi Google akan tetap mencari dan mencari cara untuk membuat Android anda menjadi anggota tubuh dari platform sosial Google+ anda. Google berharap untuk menggunakan basis pengguna Android-nya yang besar sebagai suatu bagian melawan Facebook, yang aplikasi mobile-nya walau kelihatan cantik tapi sedikit kikuk untuk digunakan.

4. Lebih gampang menemukan hal untuk dibagi

Fitur Spark Google+ merupakan satu lagi hal penting yang membedakannya dari Facebook. Spark ialah di mana Google mengungkit mesin pencarinya untuk melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan Facebook yaitu memberikan pengguna aliran informasi instan yang relevan untuk dibagi bersama teman. Lantaran Facebook tidak memiliki mesin pencari, penggunanya harus meninggalkan situs itu untuk mencari data yang dapat dibagi atau menunggu teman mereka membaginya dengan mereka. Pertanyaan “bagaimana saya mencari sesuatu untuk dibagi” secara langsung dijawab dengan Spark.

5. Anda dapat mengambil kembali data Anda

Facebook dikenal kurang handal menangani data pribadi. Misalnya Anda dipaksa untuk membuat bagian tertentu data pribadi anda tampil ke publik, dan sangat sulit untuk secara permanen menghapus profil Facebook Anda.
Di lain pihak, Google membuatnya mungkin bagi Anda untuk mengambil semua data yang Anda tempatkan di Google+ lalu pergi.

Hal ini dilakukan melalui perangkat Google+ yang disebut “Data Liberation”. Dengan hanya beberapa klik anda dapat mengunduh data dari Picasa Web Albums anda, Profil Google, Google+ stream, Buzz dan kontak.

6. Melabel foto lebih baik

Ketika melihat foto di Google+ anda dapat melabel nama orang-orang di dalamnya mirip dengan di Facebook. Anda membuat persegi empat kecil di sekitar wajah mereka, kemudian mengetikkan nama mereka pada kotak di bawahnya atau memilih salah satu nama yang diterka Google+.
Namun ada perbedaan besar di mana Google menangani aspek privasi dalam melabel foto.

Ketika Anda melabel seseorang, akan ada catatan seperti ini “Menambahkan label ini akan memberitahukan orang yang anda labelkan. Mereka dapat foto dan album terkait”.

Di lain pihak, Facebook tidak melakukan usaha untuk memperingatkan orang bahwa mereka telah dilabel (mungkin saja dalam foto yang tidak baik) dan memberikan mereka kesempatan langsung untuk mengeluarkan (remove) label itu.

Google juga telah memutuskan untuk sedikit malu menggunakan perangkat lunak pengenalan wajah, yang sekarang digunakan Facebook untuk secara otomatis mengidentifikasi orang dalam foto yang diunggah ke album pengguna.

7. Fitur obrolan grup yang mantap

Google+ memiliki fitur yang mengalahkan Facebook dalam urusan obrolan. Gampang untuk membuat grup khusus obrolan vidio dengan menggunakan fitur Hangouts pada Google+, dan membuat grup khusus untuk mengobrol nampaknya merupakan sesuatu yang alami dan menyenangkan untuk dilakukan dalam jejaring sosial.

Hal yang mirip juga dilakukan oleh aplikasi mobile Huddle yang membuat pengguna Android memulai obrolan teks grup. Facebook tidak menawarkan perangkat ini.

8. Membagi konten lebih aman

Anjuran privasi sudah lama meminta situs jejaring sosial untuk memperkenankan pengguna menentukan tingkat privasi setiap konten yang dibagi, daripada menggunakan daftar penyetelan awal yang menentukan semua konten yang dibagi.

Google nampaknya mendengar permintaan itu, dan membangun kapabilitas tersebut ke dalam Google+. Sebagai contoh, jika saya membagikan artikel atau mengunggah gambar dari kamera, Google+ memberikan saya pilihan lingkaran teman mana yang ingin saya bagikan konten tersebut. itu merupakan keuntungan Google+.

9. Google lebih baik mengurusi data pribadi Anda

Menjalankan sebuah jejaring sosial, semuanya tentang tanggung jawab untuk mengurusi informasi pribadi pengguna.

Facebook merupakan perusahaan muda yang bergerak cepat yang telah terbukti angkuh dalam pergerakannya, kurang begitu peduli kepada privasi data pengguna, dan mudah diakses orang lain.

Di lain pihak, Google merupakan perusahaan yang jauh lebih matang yang terlihat jauh lebih terpercaya ketimbang Facebook. Sebagian besarnya, Google telah beroperasi berdasarkan slogannya “Jangan Menjadi Jahat”.

Tertarik dengan layanan Google yang baru ini? Untuk bisa memanfaatkan layanan baru ini anda harus memiliki akun Google walau tidak berarti anda haru memiliki akun Gmail. Setelah anda melakukan set up anda dapat megundang kontak yang ada di address book anda untuk ikut dengan jaringan anda. Sepertinya ini cara yang luar biasa mudah karena tentu saja akan banyak teman anda yang tertarik bergabung dan mencoba layanan baru ini.

Selamat mencoba!!

 

Sumber: kompasiana dan facebook

2 Komentar leave one →
  1. kukuh budiharso permalink
    Juli 4, 2011 3:37 am

    saya daftar kok g di konfirm ya sama gogle… salam kenal http://budiharso.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: