Skip to content

Komputer Lambat, Inilah Penyebabnya

Juli 8, 2011

Lima alasan komputer anda melambat

Apakah komputer anda sekarang lambat dan anda tidak tahu apa yang harus dilakukan? Jangan khawatir! Kami akan menjabarkan lima alasan utama mengapa komputer anda mengalami masalah dan bagaimana cara anda mengatasinya.

Alasan #1 : Virus dan Terinfeksi Spyware (perangkat lunak untuk memata-matai)

Dengan komputer yang selalu tersambung dengan internet 24 jam terus menerus, program program yang merusak, seperti virus, Trojans, worms, spyware (perangkat lunak untuk kegiatan memata-matai) dan juga software iklan, telah menjadi ancaman bagi pengguna komputer. Program program merusak ini menyusup ke dalam sistem anda melalui koneksi internet yang tidak terlindungi, email, media eksternal (USB/Hardisk Eksternal/Kartu Memori/SD Card yang terinfeksi dan juga sumber sumber lainnya. Anda mungkin akan menyadari komputer anda telah mengalami beberapa kerusakan, dan selama beberapa saat kemudian, anda tidak dapat lagi menggunakan komputer anda.

Untuk mencegah penyusupan program program yang merusak, dan membersihkan komputer anda dari segala virus, sangat penting bagi anda untuk menggunggah sistem keamanan pada komputer anda, seperti antivirus dan antispyware. Anda harus menjadwalkan sistem ini untuk menjalankan programnya secara berkala dan juga selalu memperbaharui sistem tersebut dengan program terbaru sehingga anda juga akan terlindungi dari virus terbaru.

Alasan # 2: Registry yang rusak dan terfragmentasi

Registry adalah satu dari komponen tersibuk dalam sistem pengoperasian Windows, karena menyimpan semua informasi perangkat keras, perangkat lunak dan konfigurasi pengguna di dalamnya. Sejalan dengan semakin tuanya komputer anda, registry juga akan terisi dengan banyak informasi yang tidak berguna, yang tidak diinginkan dan yang tidak sah sehingga menyebabkan registry menggembung. Registry yang menggembung dapat mudah rusak dan terfragmentasi, sehingga pada akhirnya akan memperlambat komputer anda. Untuk mencegah permasalahan ini, anda harus secara berkala memindai dan membersihkan registry anda. Anda dapat menggunakan perangkat pembersih registry yang dapat dipercaya

Reasons # 3: Hard Disk yang penuh dan Fragmented

Ketika anda membuat file baru, menambah program baru, menjelajah web atau melakukan aktifitas pada sistem anda, informasi akan dimasukkan dari hard disk anda. Sering kali, aktifitas komputer anda akan meninggalkan beberapa informasi yang tersisa pada hard disk anda, dalam bentuk file dan folder program, file internet sementara, file program set up yang sudah tidak diperlukan lagi, dan program program lainnya. File-file yang tidak diperlukan ini akan memenuhi hard disk anda dan menyebabkan data terfragmentasi. Untuk mencegah permasalahan ini, anda harus menghapus program program yang tidak berguna dalam sistem anda dan menggunakan perangkat Disk Cleanup. Juga sangat disarankan untuk secara berkala menggunakan perangkat Disk Defragmentater untuk mengkonsolidasi file yang terpecah sehingga akan mengurangi waktu akses data.

Alasan # 4 : Terlalu Banyak Program Startup

Sering kali, ketika anda menginstall program kedalam komputer anda, mereka anda menambahkan shortcut mereka ke dalam startup komputer anda, sehingga service mereka akan secara otomatis berjalan ketika anda menyalakan komputer anda. Program program ini secara tidak perlu telah menggunakan sumber sistem anda dan menyebabkan sistem menjadi lambat. Ini adalah alasan mengapa disarankan agar anda mematikan program yang tidak diinginkan dalam sistem startup anda. Anda dapat melakukannya secara mudah dengan bantuan Windows System Configuration Utility (msconfig) atau menggunakan program management startup pihak ketiga yang dapat dipercaya.

Reasons # 5: Memori Sistim yang Sedikit

Sejalan dengan anda menggunggah program baru atau software yang lebih mutakhir ke dalam komputer anda, persyaratan perangkat keras sistem anda juga akan semakin meningkat. Ini adalah alasan mengapa, untuk mempercepat komputer, anda harus meningkatkan performa sistem anda. Dengan melakukan hal ini, anda dapat meningkatkan kinerja komputer anda dengan menambah sistem memori atau RAM.

***

Jika hal di atas terjadi pada komputer anda, mungkin ini bisa jadi solusinya atau pelajari disini untuk cara mengatasinya.

Sumber: era baru

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: