Skip to content

Mimpi Buruk Kaum Wanita; Kanker Payudara!

Juli 8, 2011

Kanker Payudara; Mimpi Buruk Kaum Wanita!

Bagi seorang wanita, payudara adalah asset yang sangat berharga. Keindahan tubuh dari seorang wanita dapat dilihat dari bentuk payudara yang nampak sehat dan indah. Memiliki payudara sehat dan indah adalah harapan setiap wanita. Mungkin anda sering mendengar atau mengetahui wanita di sekitar anda yang menderita kanker payudara. Sebagai wanita, tentunya kita berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menghindari penyakit yang mengerikan tersebut.

Kanker payudara adalah kanker paling umum dan sering diderita wanita. Kanker ini tidak pandang bulu, wanita manapun bisa saja terkena penyakit ini. Bahkan wanita yang memiliki pengetahuan kesehatan yang luas dan berperilaku hidup sehat, tetap bisa terkena kanker. Karena ternyata, ada beberapa hal yang tidak bisa kita kendalikan, yaitu riwayat kesehatan keluarga. Para ilmuwan memprediksi bahwa lebih dari ¼ (seperempat) risiko kanker payudara adalah karena faktor riwayat keluarga. Ketika kanker menyerang, payudara tidak hanya bermasalah secara kesehatan, namun juga dari segi estetikanya. Apabila kanker payudara tidak segera ditangani, hal tersebut dapat menyebabkan sel-sel yang menyebar semakin menggerogoti.

Sebelum hal yang menakutkan itu terjadi, sebaiknya anda mengetahui hal-hal yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara. Berikut ini adalah cara dan hal yang harus kita ketahui untuk menghindari risiko diri terkena kanker payudara.

1. Hindari Minuman Beralkohol.
Tahukah anda, mengkonsumsi 1 gelas saja alkohol dalam sehari, bisa meningkatkan risiko seorang wanita terkena kanker payudara. Menurut Laurence Kolonel MD PhD, Direktur Program Epidemiologi dari Pusat Penelitian Kanker di Hawaii, salah satu faktor terkuat pemicu kanker payudara adalah minuman beralkohol. Sebaiknya hindari sama sekali minuman beralkohol tersebut.

2. Pola Makan Yang Sehat
Dari Jurnal Cancer ditemukan salah satu cara yang paling penting untuk mengurangi risiko kanker payudara, yaitu menghindari kenaikan berat badan. Dengan kata lain, anda harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Penelitian membuktikan, sebelum anda berusia 45 tahun dan memiliki kelebihan berat badan, sebaiknya mengurangi berat badan anda. Karena hal tersebut dapat mengurangi risiko kanker payudara setelah menopause. Ketika usia anda telah melewati 40-an, mengelola berat badan dengan olahraga yang rutin akan sangat membantu.

3. Diet Rendah Lemak
Penelitian yang dilakukan oleh “Women’s Intervention Nutrition Study” (WINS), pada wanita postmenopause dengan kanker payudara tahap awal, wanita yang mengikuti diet rendah lemak secara signifikan mengurangi risiko kanker datang kembali. Berat badan mereka turun rata-rata sebesar 2 kg setelah tahun pertama mengidap kanker. Terbukti manfaat utama diet rendah lemak ini adalah mendorong penurunan berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan asupan lemak untuk membantu mencegah anda dari kenaikan berat badan demi strategi melawan kanker.

Dalam sebuah studi “Women’s Healthy Eating and Living Study” (WHEL) di University of California, San Diego, ditemukan bahwa wanita yang makan sedikitnya 5 porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, disertai berjalan cepat selama 30 menit per hari, dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker payudara hingga 50%. Jika wanita tidak mampu menurunkan berat badannya, namun mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran serta olahraga, mereka masih dapat menurunkan risiko kanker dan kekambuhannya.

4. Rutin Berolahraga
Dalam sebuah studi terdapat laporan bahwa lebih dari 100.000 wanita yang melakukan olahraga secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara daripada yang jarang melakukannya. Olahraga dapat membantu menurunkan kadar hormon yang terlibat dalam kanker payudara. Sebaiknya, berkomitmen untuk olahraga teratur, jika Anda belum melakukannya.

Dikutip dari Thirdage, olahraga bisa membantu mengurangi angka tumor payudara, serta memperlambat produksi estrogen sehingga membantu melindungi tubuh dari kanker payudara. Olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat payudara tetap sehat adalah: berjalan cepat, jogging, berenang, tenis, bersepeda dan juga hiking. Olahraga tersebut adalah pilihan yang baik bagi perempuan yang ingin mendapatkan keuntungan perlindungan dari olahraga.

Menurut Nile Albright, MD, Direktur “Advanced Medical Research Foundation” di Boston, agar latihan terlihat lebih menarik, sebaiknya seseorang melakukan latihan yang berbeda sepanjang minggu. Kondisi ini akan membuat seseorang tetap termotivasi untuk berolahraga. Selain itu, gunakan bra yang tepat saat berolahraga. Jika bra yang digunakan tidak mencakup keseluruhan payudara, maka payudara akan naik turun yang bisa mengakibatkan peregangan dini. Bra yang tidak pas dapat menimbulkan rasa sakit selama atau setelah latihan. Olahraga spesifik yang dilakukan untuk menunjang penampilan payudara adalah push up, yang masing-masing dilakukan dengan dumbbells, barbel, bangku atau mesin.

5. Lakukan Pijat Payudara
Pijat payudara bisa anda lakukan sendiri atau meminta bantuan di salon salon kecantikan. Gunakan minyak yang sedikit hangat untuk memijat. Hawa hangat minyak tersebut akan memperbaiki sirkulasi darah pada payudara anda sehingga menyebabkan nutrisi akan mengalir lancar ke payudara. Pemijatan bisa dilakukan sebelum mandi sehingga saat mandi anda bisa membersihkan sisa minyak yang masih tersisa. Sebaiknya gunakan minyak khusus untuk kesehatan payudara, minyak ini akan membuat payudara anda lebih lembut dan halus.

6. Gunakan Bra yang Pas
Menggunakan Bra yang cenderung ketat akan membuat payudara anda tertekan dan membuatnya berwarna kemerahan. Warna kemerahan tersebut muncul akibat dari trauma pada jaringan payudara. Tentu hal ini tidak baik bagi kesehatan payudara anda. Gunakanlah Bra dengan bahan katun yang lembut. Hindari Bra yang mengandung kawat atau sejenisnya yang menyangga payudara terlalu kencang. Selain itu, terlalu sering menggunakan bra atau menggunakan bra terlalu ketat juga membahayakan kesehatan karena bisa membatasi aliran getah bening di payudara. Normalnya adalah cairan getah bening tersebut mencuci bahan limbah dan racun lainnya, serta menjauhkannya dari payudara.

7. Lepaskan Bra Saat Tidur
Menurut Ilmuwan Sydney Singer dan istrinya Soma Grismaijer yang juga seorang peneliti asal Australia [1991] dalam bukunya ‘Dressed To Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras’, menuliskan tentang wanita yang ingin menghindari kanker payudara harus memakai bra dalam waktu sesingkat mungkin dan sebaiknya kurang dari 12 jam per hari.

Menurut Grismaijer, waktu yang paling tepat untuk mengistirahatkan payudara adalah saat tidur. Oleh karena itu sebaiknya wanita tidur tanpa menggunakan bra. Menggunakan bra terlalu lama dapat meningkatkan suhu jaringan payudara dan wanita yang memakai bra memiliki kadar hormon prolaktin (hormon yang berfungsi merangsang kelenjar air susu) yang lebih tinggi. Kedua hal ini dapat mempengaruhi pembentukan kanker payudara.

Saat tertidur, kita tak hanya mengistirahatkan otot, namun tubuh kita juga mengalami perbaikan dan detoksifikasi (mengeluarkan racun). Tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas (kekebalan tubuh). Agar tubuh kita bisa merasakan proses tersebut, sebaiknya lepaskan pakaian dalam anda saat tidur. Hal ini bertujuan agar dapat mempercepat dan memperlancar kinerja tubuh dalam proses perbaikan.

Memakai bra saat tidur juga menjadi salah satu faktor insomnia karena tubuh tidak bebas bernapas. Namun ada bra khusus yang dirancang khusus untuk tidur. Bra tersebut biasanya terbuat dari bahan nilon atau katun yang bissa membuat kulit Anda ‘bernapas’. Namun bila anda mengenakan bra biasa untuk tidur, maka keringat dan uap air akan tetap berada di dalam bra. Hal ini mengakibatkan gatal-gatal dan menyebabkan luka. Bra biasa (yang dikenakan siang hari) dirancang khusus untuk menopang payudara dan memberikan bentuk yang indah. Dan bra seperti ini biasanya ketat dan kencang sehingga tidak nyaman bila dikenakan saat berbaring atau tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita para wanita. Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional  serta ditunjang dengan bentuk payudara yang indah dan sehat merupakan idaman setiap wanita. Mulailah lakukan pola hidup sehat detik ini juga.

Sumber: ella zulaeha

3 Komentar leave one →
  1. September 6, 2012 1:15 am

    wah mantab men

  2. Juli 21, 2011 5:50 am

    terimakasih telah singgah, gan😉
    menuju TKP deh…

Trackbacks

  1. [aNeh] Punya Puting Susu kok di Telapak Kaki | Masih Hangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: