Skip to content

Menyingkat Url

September 19, 2011
Siapa yang rajin meng-update status di Twitter, Purk, atau Koprol? Jika Anda salah satunya, Anda mungkin sudah pernah menggunakan layanan website penyingkat URL. Contoh yang populer adalah Bit.ly dan Tiny.URL. Kini, ada lagi layanan sejenis yang bisa Anda jajal. Namanya Pendek.in, asli buatan dalam negeri.
Taruh kata, Anda pengguna Twitter. Anda ingin berbagi link berita atau artikel yang menarik dengan rekan-rekan Anda via akun microblog Anda di Twitter. Sayang, link-nya terlalu panjang, tak bisa ditampilkan utuh sebagai status microblog yang dibatasi maksimal 140 karakter. Nah, website penyingkat URL dibuat sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. Bit.ly misalnya, akan menyingkat link terpanjang di Internet yang terdiri dari 263 karakter menjadi http://bit.ly/PFfFp.
Sekarang, mari membahas tentang Pendek.in. Adalah Sanny Gaddafi yang mengembangkan website ini. Sagad, demikian dia biasa disapa, adalah seorang pengembang web asal Jakarta. Pendek.in bukan karya website pertamanya. Sebelumnya, Sagad sudah mengembangkan website jejaring sosial lokal Fupei.com dan Bundagaul.com.
Kenapa Sagad tertarik membuat Pendek.in, padahal sudah ada website lain yang menawarkan fungsi serupa? Alasannya cukup simpel. “Saya hanya ingin menambah koleksi website lokal saja,” ujar Sagad. Pendek.in sendiri sudah mulai dipublikasikan sejak Februari 2009.
Domain India
Jika Anda perhatikan, domain .in yang digunakan Sagad untuk Pendek.in merupakan domain India. Mengenai hal itu, Sagad memang sengaja mengambil domain .in untuk website ini.
“Supaya namanya lucu, menjadi Pendek.in,” kata dia. Nama Pendek.in juga sekaligus menjelaskan fungsi dari website buatannya. Website terpanjang di Internet tadi, contohnya, dapat di-pendek.in menjadi http://pendek.in/00mze. Dalam mengembangkan website ini, Sagad mengaku tidak mengalami kesulitan. Untuk pemrogramannya juga tidak rumit karena Pendek.in hanya menampilkan fungsi penyingkat URL dan tidak dilengkapi dengan fungsi statistik pengguanaan link atau fasilitas khusus member.
Mudah Digunakan
Menyingkat link URL menggunakan Pendek.in caranya sangat mudah. Anda cukup memasukkan link asli ke dalam boks yang tersedia pada website-nya, lalu mengklik pendek.in. Hasilnya, link URL baru nan singkat, alias dari alamat website yang asli, akan ditampilkan untuk Anda. Tidak percaya? Coba saja pendek.in URL panjang Anda di sini.
Menyingkat URL Dengan Google Shortener
URL Shortener atau yang sering kita sebut dengan penyingkat url kini dapat kita temui di Google Shortener. Search Engine terbesar ini mengeluarkan pemutakhiran terbarunya, yaitu dengan menyediakan fasilitas penyingkat URL.
Url Shortener ini dapat kita gunakan untuk mempersingkat url asli yang panjang bahkan ribet untuk diingat. Url Shortener juga dapat kita gunakan untuk menyembunyikan url afiliasi, terutama bagi yang berkecimpung dalam dunia afiliasi. lebih praktis bukan?. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal Masukkan url asli, kemudian klik “Shorten” dan url baru sudah siap digunakan.
Namanya adalah Goo.gl dan menurut Google memiliki beberapa keunggulan dibandingkan layanan url shortener lainnya yang sebenarnya sudah banyak beredar di internet. Setelah mencobanya Saya rasa memang layanan yang satu ini berbeda dari layanan url shortener lainnya. Bagi Anda yang mempunyai url panjang dan cukup ribet anda bisa mencoba layanan dari google silahkan klik di sini
*Courtesy: ritongapasuruan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: