Skip to content

Pantai Balekambang Malang, Mirip Tanah Lot Bali

April 19, 2012

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan provinsi Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Malang, kurang lebih 30 kilometer sebelah selatan kota kepanjen, atau 45 kilometer sebelah selatan Kota Malang. Balekambang merupakan salah satu objek wisata pantai di kabupaten malang yang sudah memiliki akses jalan, selain pantai Ngliyep dan pantai sekaligus kampung nelayan sendang biru. Balekambang mempunyai garis pantai sepanjang hampir 2 kilometer, dan terdiri dari pasir yang berwarna putih dan coklat terang.

Pantai Balekambang adalah merupakan pantai yang indah dan menjadi salah satu ikon Wisata Pantai di Malang, karena punya pesona yang indah mirip pantai di Bali (ada yang bilang seperti Tanah Lot).

Seperti halnya pantai pesisir selatan pulau jawa, balekambang memiliki arus laut yang deras serta ombak yg cukup besar, kurangnya fasilitas umum, termasuk akses jalan yang beraspal namun rusak di beberapa tempat, tidak adanya aliran listrik dan air bersih, membuat pantai ini tidak begitu mendapat banyak kunjungan secara rutin.

Balekambang mendapatkan kunjungan cukup banyak disaat liburan sekolah serta perayaan atau hari besar agama hindu, karena disini terletak sebuah pura yang terletak di sebuah pulau batu kecil, sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Di Pantai Balekambang terdapat 3 pulau kecil yang tampak berjajar ke barat yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo ini tempat Pura ( tempat sembahyang agama Hindu) yang berdiri yang dihubungkan dengan sebuah jembatan setapak dengan lebar sekitar 1,5 meter.

Fasilitas cukup memadai antara lain tempat parkir yang luas, Camping ground, kios Cinderamata, Rumah Makan, MCK, Kantor Informasi, bungalow sederhana, kolam renang, mushola dan Pendopo.

Tuh kan, mirip dengan Tanah Lot di Bali😉

2 Komentar leave one →
  1. de'vivie permalink
    Mei 8, 2012 2:15 am

    wayahe sing nang balek kambang seng onok de’ viviene sing di pasang kwkwkwkwwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: