Skip to content

Dengan Kalian di Wisata Songgoriti Kota Batu

April 26, 2012

Obyek wisata Songgoriti terletak di lembah Gunung Banyak, tepatnya di desa Songgokerto, Batu. Songgoriti sangat layak untuk di kunjungi karena memiliki nuansa alam yang hijau dan alami dan, tentu saja, sejuk dan nyaman.

Selain candi, banyak tempat yang bisa dikunjungi di Songgoriti seperti kolam renang, pemandian air panas dan pasar wisata. Untuk pasar wisata, jangan sampai terlewat untuk mengunjunginya, karena akan banyak dijumpai souvenir khas Malang dan Batu, berikut produk makanan khasnya. Disamping itu, terdapat pula pasar yang menjual tanaman hias khas kota Batu dan pasar Kelinci hias. Di sekeliling obyek, akan banyak di jumpai banyak vila untuk menginap dengan kisaran harga yang sangat terjangkau tapi tetap nyaman untuk di kunjungi.

Terletak sekitar 3,5 km dari pusat kota Batu, Songgoriti terkenal dengan sumber air panasnya yang menyehatkan dan wilayahnya yang sejuk. Di kawasan ini, Candi Songgoriti dan Makam Mpu Supo berdiri.

Areal di sekitarnya diramaikan dengan banyaknya hotel dan villa, berdekatan dengan pasar wisata yang menjual kerainan, tanaman hias, dan oleh-oleh khas Batu.

Untuk nama “Songgoriti” sendiri berasal dari bahasa jawa kuno berarti “timbunan logam” hal ini tentu masih ada hubungannya dengan nama desa Songgokerto yang berarti “timbunan kemakmuran.” Nama ini kemungkinan berkaitan dengan sebuah Prasasti yang ditemukan tak jauh dari situs candi yaitu Prasasti Sangguran atau Batu Minto bertarikh 850 Syaka atau 928 M, yang dikeluarkan atas perintah raja Wawa.

Prasasti yang ditemukan di dukuh Ngandat, kota Batu ini, memberitakan bahwa raja dan Mahamantri I Hino Pu Sindok bernazar untuk menjadikan desa Sangguran sebagai wilayah watak Kanuruhan suatu perdikan dari Bhatara di suatu bangunan suci yang ada di daerah sima kanjurugusalyan di Mananjung. Yang menarik dari prasasti ini adalah disebutkannya sima khusus bagi para juru gusali, yaitu para pandai (logam). Ini sesuai dengan nama-nama desa di sekitar candi Songgoriti berada.

***

Banyak tempat yang bisa dikunjungi di kawasan ini, dari kolam renang, tempat pemandian air panas, pasar wisata yang menjual beraneka ragam souvenir serta jajanan khas kota Batu. Oh ya, di kawasan ini anda juga bisa menemui sebuah candi peninggalan kerajaan Majapahit yaitu Candi Supo yang menurut kepercayaan masyarakat sekitarnya biasa digunakan untuk mencuci pusaka.

Pasar Wisata Songgoriti

Pasar wisata adalah jantungnya kawasan wisata Songgoriti, dimana masyarakat sekitarnya banyak yang berjualan souvenir, alat-alat rumah tangga seperti wajan/penggorengan, cobek batu, dll. Ada juga yang berjualan mainan anak-anak baik yang berbahan kayu atau plastik. Dari sisi agrobis, kawasan wisata ini juga diwarnai dengan penjual beraneka ragam tanaman hias, bunga-bunga an hingga buah-buahan. Ada juga yang berjualan binatang peliharaan seperti kelinci, hamster, marmut, burung, dll.

Taman dan Kolam Renang

Pemandian dan Taman Rekreasi Tirta Nirwana atau yang oleh masyarakat lebih dikenal dengan sebutan Songgoriti, merupakan salah satu ikon wisata Kota Batu sebelum hadirnya tempat-tempat rekreasi dengan konsep-konsep yang sangat berbeda dari para pendahulunya. Dengan tiket masuk seharga Rp 9000,-  kita sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan serta dapat bersantai melepaskan penat rutinitas yang begitu melelahkan.

Seperti namanya, yaitu Tirta Nirwana, maka unggulan utama dari Songgoriti adalah kolam renang, di samping unggulan-unggulan lainnya seperti sepeda air dan taman bermain untuk anak-anak yang begitu luas. Bagi anda yang hanya sekedar ingin duduk-duduk santai dengan anggota keluarga atau kolega anda, disediakan juga sebuah tempat yang cukup luas dengan pohon-pohon yang rindang dan rerumputan hijau yang begitu menyejukkan mata. Semilir angin yang berhembus ringan dari alam sekitar membuat anda serasa tenang dan perlahan-lahan mengantuk.

Paralayang

Dari tempat  taman dan kolam renang Songgoriti menuju tempat paralayang tidaklah jauh. Hanya sekian menit kita bisa ke sana.

Di atas kawasan wisata ini yang tepatnya berlokasi di puncak “Bukit Banyak”, Anda bisa menemui kawasan yang diperuntukkan untuk olahraga paralayang. Hanya dengan Rp. 250.000 anda bisa menikmati indahnya Kota Wisata Batu dari udara dan ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa bagi Anda yang memang hobby dengan olahraga ini.

Sepeda Dunhil

Di kawasan Songgirti juga cocok untuk acara-acara yang sering digelar seperti gerak jalan sehat HASH, sepeda Dunhill.

Jadi, Kalau anda mengunjungi Kota wisata Batu, pastikan Anda mengunjungi Kawasan wisata Songgoriti. Kawasan sejuat villa yang berada di lembah nan hijau. Yang berada di lembah “Bukit Banyak” menawarkan tempat wisata yang unik dan layak untuk dikunjungi.

*diambil dari berbagai sumber
5 Komentar leave one →
  1. April 27, 2012 9:22 am

    wah, cocok nih

  2. dimas bagus satria nugraha permalink
    Mei 9, 2012 12:47 pm

    kalo bermain kesana kira2 banyak pramurianya gk? hehe..

  3. November 14, 2012 2:51 am

    Wah…, mumpung bsk liburan, ke sana ah……

  4. Oktober 26, 2016 9:38 pm

    Bandung memang kreatif…. , Aeryn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: