Skip to content

10 Malam Terakhir Ramadhan

Agustus 10, 2012

Di 10 malam terkahir Ramadhan Allah SWT menyembunyikan Lailatul Qadar, 1 malam yg kebaikannya lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun!), di antaranya adalah agar terbedakan antara orang yg sungguh-sungguh mencari malam tersebut dengan orang-orang yang malas!

Jelas, orang-orang yang benar-benar ingin mendapatkan sesuatullah yang akan bersungguh-sungguh dalam mencarinya.

Konsep ini juga sebagai rahmat Allah agar para hamba memperbanyak amalan pada hari-hari tersebut, agar mereka akan semakin bertambah dekat dengan Allah.

Semoga Allah memudahkan kita memperoleh malam yang penuh dengan samudera keberkahan ini. Aamiin Ya Sami’ad Da’awat.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh2 pada sepuluh hari yang akhir, tidak seperti pada malam2 sebelumnya”. (H.R Muslim).

Beliau membangunkan keluarganya dan lebih bersungguh-sungguh menjalankan ibadah-ibadahnya.

Di malam-malam inilah, Rasulullah SAW sengaja mengkhususkan dirinya ber-ITIKAF, memisahkan diri dari urusan-urusan dunia dan secara penuh beribadah kepada Allah SWT di Masjid.

Itikaf, konsepnya adalah memutus (sementara) hubungan kita dengan makhluk-makhluk lain untuk menyambung penghambaan kepada al-Khaliq.

Syari’at mengajarkan untuk ber-i’tikaf di masjid-masjid, khususnya pada bulan Ramadhan dan lebih khusus lagi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Orang-orang yang beri’tikaf akan mengikat dirinya untuk taat kepada Allah, berdzikir dan berdo’a kepada-Nya, serta memutuskan dirinya dari segala hal yang bisa membuat menyibukkan diri diluar dari pada Allah.

Beri’tikaf dengan hatinya kepada Tuhannya dan dengan  sesuatu yang mendekatkan dirinya kepada-Nya. Ia tidak memiliki keinginan lain kecuali Allah.

Maka, sebagai MUSLIM seharusnyalah kita bergetar-getar hatinya, berdegup-degup jantungnya, bergegas-gegas bersiap menyambut 10 hari terakhir Ramadhan ini.

Bersemangat ingin bermesra2an berduaan dg Sang Maha Penyayang & tidak mau terganggu dengan hal2 lainnya, di hari2 TERBAIK sepanjang tahun – 10 malam terakhir Ramadhan!

*Courtesy: facebook.com

_________

*Lailatul Qodar ala Republik Ngalah

One Comment leave one →
  1. September 17, 2012 3:03 pm

    Subhanallah !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: