Skip to content

7 Air Terjun Eksotis di Kabupaten Pasuruan

Maret 23, 2013

Kabupaten Pasuruan memang kaya akan potensi wisata alamnya. Dari sekian wisata, air terjun merupakan pilihan destinasi  wisata alam yang layak untuk disinggahi ketika berada di Pasuruan. Berikut ini adalah 7 air terjun eksotis yang terdapat di Kabupaten Pasuruan, mungkin sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berada wilayah Pasuruan.

1. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap alap berada di sekitar area pegunungan Gunung Arjuno dan Welirang. Ketinggian air terjun sekitar 40 m dengan tiga tingkatan. Debit air terjun ini tidaklah besar dan yang mengalir melewati sela-sela tebing batu.

Nama alap alap diambil dari salah satu jenis burung pemangsa yang menjadi habitat hidup burung yang dikenal sebagai Elang Jawa.

Terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Akses menuju air terjun alap-alap paling mudah ditempuh melalui bumi perkemahan wanawisata Kakek Bodo. Dilanjutkan dengan perjalanan menanjak menuju ke arah Selatan kurang lebih 3 kilometer. Tentunya dengan jalur trek yang bermedan cukup berat. Menembus lebatnya hutan, dan naik turun di tepian tebing batu.

AT Putuk Truno-12. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berada kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Air Terjun berada kawasan wisata Tretes dan berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo.

Konon, nama air terjun ini diambil dari mitos seseorang yang bernama Joko Truno, seseorang yang bertapa disekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi ular (Putuk).

Berjarak sekitar 55 km ke arah selatan kota Surabaya. Dari pintu masuk utama yang berada di jalan Putuk Truno Pringgen, sekitar 500 m dari jalan raya Pandaan – Tretes. Kondisi jalan ini menanjak hingga menuju pos masuk. selanjutnya dari pos masuk ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni jalan setapak kurang lebih 300 m hingga mencapai lokasi air terjun. Jalan setapak ini sudah dibeton dan dibuatkan undak-undak hingga memudahkan pengunjung datang.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini berada di kawasan wisata Tretes di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Jawa Timur, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan. Air Terjun Kakek Bodo berada di ketinggian 850 m dpl dan memiliki terjunan air sekitar 40 m.

Kakek Bodo, salah satu wisata yang masih asri di Tretes, pegunungan Prigen, Jawa Timur. Bagi yang suka berpetualang, wisata Kakek Bodo akan memberi beragam pesona alam yang cukup menarik.

Fasilitas yang tersedia antara lain shelter, tempat bermain anak-anak, musholla dan warung-warung kecil penjaja makanan. Juga terdapat kolam renang dengan tiket masuk sebesar Rp 5000,- /orang, dan bumi perkemahan.

Di lokasi wisata Tretes ini nanyak terdapat hotel dan vila-vila yang disewakan untuk menginap.

AT Gumandar-14. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar ini cukup unik karena tidak mempunyai aliran sungai untuk mengaliri air yang dijatuhkan dari atas tebingnya, namun langsung masuk ke tanah untuk diserap dan kemudian keluar lagi lewat sumber air disekitar pemukiman penduduk.

Tak jauh dari Air Terjun Gumandar terdapat air terjun lain dengan nama Air Terjun Deleg. Keberadaan air terjun ini sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam dan Budaya.

Terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak 7 km dari desa terdekat, Dayurejo. Perjalanan ke sana membutuhkan ketahanan fisik.  Dengan bus jurusan Surabaya Malang, turunlah di Sukorejo, daerah di dekat Pandaan. Dari sini naiklah ojek sampai ke sekolah alam Kaliandra dengan ongkos sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000. Bila beruntung mungkin tukang ojek yang nekad akan mengantar sampai batas hutan. Kebanyakan ojek hanya sampai di gerbang sekolah alam (Kaliandra) karena dari situ jalanan berubah menjadi makadam. Alternatif lain dengan menyewa jeep.

Baung5. Air Terjun Gunung Baung

Air Terjun Gunung Baung yang terletak di Taman Wisata Air (TWA) di lereng Gunung Baung. Disebut juga Coban Baung, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 100 m dan berdiri di kawasan dengan luas 195,50 Ha. Air terjun ini berdekatan dengan Kebun Raya Purwodadi dan Desa Wisata Kertosari Purwosari, aliran air terjun ini merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji.

Bagi mereka yang gemar dengan kegiatan outdoor, mengunjungi Coban Baung bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, dimana pengunjung bisa menikmati hijaunya suasana hutan dan gemuruh suara air terjun. Ditambah lagi, terdapat fasilitas camping ground bagi mereka yang ingi berkemah.

6. Air Terjun Rambut Moyo

Air terjun Rambut Moyo berada di kawasan pegunungan Bromo-Tengger pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut (dpl) dan terdiri dua tingkatan dimana bagian atas terlihat lebih pendek dibandingkan bagian bawahnya.  Ketinggian terjunan air ini sekitar ± 40 meter dengan telaga kecil yang airnya cukup dangkal dibawahnya.

Terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur dengan Peta dan Koordinat GPS: -7° 51′ 58.68″, +112° 51′ 38.16. Meski secara administratif berada di wilayah Kecamatan Puspo, lokasinya justru lebih dekat dengan pusat kota Kecamatan Tutur (Nongkojajar). Ini karena desa di mana air terjun itu berada, berbatasan langsung dengan desa di pinggiran wilayah Kecamatan Tutur.

7. Air Terjun Sumber Nyonya

Wisata Air Terjun Sumber Nyonya yang terletak di Dusun Gunung Sari Desa Tutur jaraknya dekat dengan lokasi wisata Bukit Flora.

Selain alamnya yang indah juga airnya yang cukup jernih, biasanya pada hari minggu atau hari libur banyak pengunjung yang datang mengunjungi wisata air terjun ini.

Air Terjun Gunung Sari ini merupakan air terjun yang tergolong aman karena air tidak langsung jatuh ke tanah, dimana air yang jatuh terlebih dahulu mengenai bebatuan yang berada di tingkat yang lebih rendah, sehingga tidak ada tempat yang dalam di sekitar hempasan air. Air terjun ini terletak di areal perkebunan kopi penduduk.

Lokasi Air terjun ini Terletak di Desa Gunung Sari Nongkojajar, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa timur.

14 Komentar leave one →
  1. Slamet Wahono permalink
    Juli 31, 2013 1:06 pm

    Ada satu lg bos air terjun yg ada di perbatasan antara kecamatan Puspo dgn kecamatan Tosari namanya TUNDO PITU krn berlekuk tujuh indah sekali. Cm syg letaknya sangat terisolir krn ada ditengah hutan lebat. Tdk bnyak orang yg tahu kecuali orang2 asli sana.

  2. April 24, 2014 8:30 am

    Sudah 10 tahun tinggal di pasuruan baru tahu bahwa disini banyak terdapat air terjun yang indah terima kasih gan informasinya.

  3. April 24, 2014 11:20 am

    banyak air terjun artinya ada area pegunungan. bener ga?

  4. April 25, 2014 2:24 am

    pasuruan punya air terjun yg indah2 ya….

  5. Angger permalink
    Juli 4, 2014 9:13 pm

    Kalo goa koneng d daerah mana ya.Fasilitas dll nya gmn

    • dayat permalink
      Desember 28, 2014 10:50 am

      Dikecamatan purwodadi

    • abdul permalink
      Mei 7, 2015 12:36 am

      di dusun sawiran desa gerbo kec.purwodadi pinggir jl.raya km purwodadi nongkojajar

  6. nia permalink
    Oktober 8, 2014 12:01 pm

    indah bgt sih air terjunnya

  7. isna permalink
    Oktober 8, 2014 12:02 pm

    wow keren………….. !!!!!!!!!!!!

  8. milda permalink
    Oktober 8, 2014 12:03 pm

    aduh….. gk nyangka iiinnndddaahh air terjunnya

  9. heru dwi suasnto permalink
    Januari 12, 2015 5:06 am

    coban waru juga ada airterjune lho mas…nang deso putuk…

  10. Maret 4, 2015 8:31 am

    goa koneng terdapat di kecamatan purwodadi tepatnya di dusun sawiran, dan satu lagi air terjun sumber nyonya mempunyai tiga tingkatan, yg ada di picture itu yg ke tiga masuk dusun gunung sari dan yg tingkat prertama dan kedua masuk dusun Tutur Wetan😉

  11. Tere permalink
    Maret 3, 2016 10:44 am

    akses menuju air terjun Gumandar apakah mudah atau masih sulit? terimakasih

  12. Reynaldi arya permalink
    Maret 14, 2016 12:40 am

    Ada satu lagi min yaitu air terjun coban waru tepatnya di daerah desa taman sari kayukebek kecamatan tutur kab.pasuruan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: