Skip to content

Serial Wisata Pasuruan (2); Padang Hijau di Kec. Purwodadi

Juli 12, 2011

Purwodadi merupakan wilayah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, kecamatan inilah yang menghubungkan 3 kota, yaitu Malang, Surabaya, dan Pasuruan. Jarak dari kota Malang adalah 24 km ke arah utara, dan dari kota Pasuruan 30 km ke arah barat daya dan dari kota Surabaya 65 km ke arah selatan.

Kecamatan ini memliki curah hujan rata–rata per tahun 2366 mm dengan bulan basah antara bulan November dan Maret dengan suhu berkisar antara 22 – 32 C.

Adapun wisata alam yang terdapat di area Kecamatan Purwodadi adalah sebagai berikut:

KEBUN RAYA
Didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. Kebun ini merupakan salah satu dari 3 cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar per-kebunraya-an yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Kebun Raya Purwodadi adalah cabang Bogor Kebun botanik yang telah dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Di daerah ini pengunjung dapat melihat berbagai koleksi menakut-nakuti dan tanaman kering. Selain Kebun Raya ini sebagai tempat untuk rekreasi tetapi juga digunakan sebagai membuat beberapa penelitian tentang botani. Hal ini mudah diakses dari Surabaya diperlukan waktu sekitar 60 menit untuk berkendara.

Menikmati kondisi alam di Pasuruan yang akan menciptakan rekreasi yang menarik bagi pengunjung. Jika Anda menarik dengan wisata botani, maka daerah ini cocok untuk menambah pengalaman wisata anda. Anda juga dapat mengunjungi kebun raya ini dengan, anak-anak keluarga atau teman-teman

Informasi lebih lengkap: Kebun Raya Purwodadi

DESA WISATA TAMBAKSARI
Mulai dideklarasikan sebagai desa wisata pada 31 Juli 2010, warga Desa Tambaksari semakin siap menyambut kedatangan pengunjung. Pengembangan wisata berbasis masyarakat memastikan manfaat pariwisata bagi pelestarian alam dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Pemandu lokal dari karang taruna siap mendampingi perjalanan Anda, menjelajahi sudut-sudut desa. Saat musim kopi tiba (Agustus – September), Anda bisa ikut panen di kebun warga dan mengolah kopi hingga siap minum. Temukan keluarga baru saat berlibur dengan bermalam di rumah warga (homestay).

Informasi lebih lengkap, hubungi lembaga desa wisata tambaksari (LADEWI Sari) 0858 155 86200 atau kunjungi situs: Desa Wisata Tambaksari

AIR TERJUN COBAN BAUNG
Air terjun ini 100 meter tingginya sebagai salah satu wisata alam. Ini terletak di desa Purwodadi tepatnya di sebelah timur kebun Raya Purwodadi. Hal ini dikelilingi oleh hutan lindung dengan berbagai satwa seperti monyet, rusa, dll telah dilengkapi dengan camping ground.

Air terjun alami ini memiliki air jernih dari gunung dan dikelilingi oleh hutan alam. Sehingga pengunjung dapat bersantai untuk menikmati pemandangan dan udara segar dengan keluarga mereka. Pengunjung juga akan menunjukkan air tawar fantastis yang jatuh dari ketinggian 100 meter. Air terjun ini fantastis hanya menemukan dalam pariwisata Pasuruan.

HUTAN PINUS
Area hutan pinus yang berada di Desa Sentul Purwodadi ini merupakan tempat wisata yang alami. Hutan yang berada di bawah kaki gunung Lawang mencapai luas lebih dari 3 Ha sangat cocok untuk dibuat wisata bersama. Meski tidak ada fasilitas lebih yang ditawarkan, namun hutan pinus ini tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Umumnya pengunjung atau peminat alam yang datang ke area hutan memilih untuk bermain dan sekedar menjelajah sambil menghirup udara alami. Biasanya hutan ini sering dijadikan oleh pelajar-pelajar sekitar untuk membuat permainan dan Out Bond. Disamping areanya luas dan sejuk, untuk memasuki wilayah hutan tak berbayar sama sekali.

***

Informasi lebih detail bisa kunjungi di Wisata Jawa Timur

2 Komentar leave one →
  1. Mei 2, 2014 1:14 pm

    Mantap pak!

  2. Juli 3, 2014 10:59 am

    a good post, i like it😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: