Skip to content

Desa Wisata Kertosari: Wisata Pendidikan Lingkungan

April 1, 2013

Panen Kangkung di Desa Wisata Kertosari (doc. Antara)

PROSPECTUS
Kertosari sebagai Desa Wisata memiliki beberapa destinasi wisata lingkungan dan pilihan-pilihan program yang menarik berbasis eduwisata, sangat cocok baik untuk kalangan individual maupun komunal (lembaga pendidikan, perusahaan, LSM dan lain sebagainya).

Desa Wisata Kertosari yang terletak bersebelahan dengan Kebun Raya Purwodadi dan Gunung Baung menjadikan suasana Desa yang sangat asri dan sejuk. Desa Wisata Kertosari memiliki beberapa objek wisata, seperti: Baung Camp (camping Ground, Air Terjun, Outbond & Rafting), Randuwana (Balai Diklat & Fun Game), Embung Gn. Sari (Wisata Air), Bukit Mentari (Bukit Perkemahan), Area Pertanian Organik dan Toga (Tanaman Obat Keluarga), dll.

PROGRAM WISATA
Program dan kegiatan wisata disusun secara terpadu, dimana pengunjung (peserta) selain dapat belajar secara langsung mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan lingkungan hidup juga sekaligus dapat menikmati dan menyatu dengan suasana alam.

Beberapa program wisata yang ada di Desa Wisata Kertosari adalah sebagai berikut:
1) Program Pendidikan Lingkungan
Dalam program ini pengunjung dapat memilih dan menyesuaikan kegiatan yang akan dilaksanakan. Adapun kegiatan pendidikan lingkungan yang ada di Desa Wisata Kertosari meliputi dua kegiatan, yaitu:

Pendidikan Lingkungan, seperti : Manajemen Sampah dan pencemaran lingkungan, Ekosistem Hutan Tropis, Tanaman Obat dan pengobatan Tradisional, Sosial Ekonomi Pedesaan, dll.

Pelatihan, seperti: program pengelolaan dan konservasi sumberdaya alam berbasis komunitas, pertanian ekologis (organik), pengelolaan lingkungan sekolah berbasis lingkungan alam, metode penelitian & penulisan karya Ilmiah lingkungan, jurnalistik lingkungan, dll

2) Outbond dan Rafting
Dalam topik program ini, selain memperkenalkan berbagai komponen alam dan fungsinya, juga disertai dengan kegiatan-kegiatan permainan yang mengarah pada pembentukan karakter, pembelajaran tim, supportifitas, dan mendorong pada inovasi serta kreatifitas peserta. Adapun kegiatan dalam program ini, meliputi: outbond, fun game, flying fox, rafting (arung jeram), jelajah desa, perkemahan (camping), jelajah sungai, dll

3) Program Khusus
Progam yang dimaksud adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan maupun outbond/fun game pilihan yang telah ditentunkan oleh pengunjung (peserta). Sehingga pihak Manajemen Desa Wisata Kertosari hanya memfasilitasi kebutuhan pendukung, seperti sarana prasarana, tempat, narasumber/fasilitator, catering, dll.

Dapat juga Program Khusus merupakan program yang sepenuhnya disusun baik materi, konsep, dan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan oleh pihak Manajemen sendiri.

FASILITAS PENUNJANG

  1. Fasilitator dan Narasumber dari lintas bidang (LIPI Kebun Raya Purwodadi, Yayasan Satu Daun, Universitas Yudharta Pasuruan, TAGANA Pasuruan, Baung Camp Management, dll).
  2. Rumah Makan (Restoran Padang ‘Sederhana’, Warung Kartini, Rocket Chicken, Warung Bu Pon 2, dll). Semua berada di area Desa Wisata Kertosari.
  3. MCK (Kamar Mandi) dan Aliran Listrik di masing2 Obyek Wisata (Randuwana dan Baung Camp).
  4. Balai Diklat atau pertemuan dan Camping Ground.
  5. Lahan Pertanian & Pembuatan Pupuk Organik.
  6. Kolam Pancing, Penangkaran Rusa, Kambing, dll

KLIEN KAMI
TV Trans 7 (Joe Richard, Program Koper & Ransel) | Universitas Yudharta Pasuruan | Universitas Brawijaya Malang | Institut Teknologi Sepuluh Nopember | SMPN I Beji Pasuruan | SMP Santo Yoseph Surabaya | PT. Bahana Nusa Lubrindo | SMA St. Albertus | SMA Lab. Malang | SMPK St. Maria 2 Malang | SD Mimi Surabaya | TV One | PT. Nestle Kejayan Pasuruan | BP DAS Brantas | UK Petra Surabaya | Unesa Surabaya | Astra | Wearnes Malang, dll

Dan berbagai SMA/sederajat se-Pasuruan, dalam rangka program Sahabat Mata Air

INFORMASI & RESERVASI
Untuk informasi dan reservasi silahkan hubungi kami: HP. 089 90334593 (Hajar) | 085 855626350 (Ayik)

5 Komentar leave one →
  1. luna jhootex permalink
    April 1, 2013 6:09 am

    siiip, boleh di coba

  2. April 10, 2013 6:51 am

    alamatnya dmn ya mas…

    lw masalah tiket masuk n biaya per/programwisatax itu dikenakan biaya brp ya…

    • April 12, 2013 2:11 am

      tiket masuk hanya ketika memasuki destinasi wisata (Air Terjun Baung dan Baung Camp). untuk destinasi lainnya tidak pakai biaya masuk. Lokasinya di belakang (samping utara) Kebun Raya Purwodadi🙂

  3. farida qudsiyyah permalink
    September 2, 2015 2:24 am

    kalau biaya per program wisata kayak outbound, pelatihan dan pendidikan lingkungan untuk anak sekolah berapa ya mas, mohon minta informasinya. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: